mas template

Membuat Sitemap pada Wordpress

Selain melakukan setting permalink, satu lagi tips SEO yang berguna agar blog cepat dan lebih mudah di index oleh Search Engine seperti Google adalah dengan membuat google sitemap. Sitemap pada blog memudahkan robot search engine msilanya Googlebot melakukan index terhadap isi blog. Sitemap blog ini adalah sebuah file dalam format XML

Untuk membuat sitemap blog wordpress untuk search engine, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sebuah plugins. Plugins yang berguna untuk membuat sitemap untuk Search engine banyak sekali tersedia. Salah satunya yang paling sering dipakai dan yang akan saya pakai pada tutorial cara membuat sitemap pada blog blog wordpress ini adalah Google XML Sitemaps. Cara pembuatan sitemap dengan plugins Google XML sitemaps adalah sebagia berikut:
  1. Pada dashboard blog Anda klik menu Plugins » Add New.
  2. Di jendela Add New plugins, ketik “Google XML Sitemaps” (tanpa tanda kutip) pada kotak input search dan klik Search Plugins.


  3. Pada halaman hasil search plugins, klik install di sebelah kanan tulisan Google XML Sitemaps.


  4. Di jendela yang muncul klik sekali lagi tulisan Install Now yang berada di sebelah kanan atas jendela. Kemudian proses instalasi plugin Google XML Sitemaps akan dimulai.


  5. Setelah proses instalasi plugin selesai, klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin Google XML Sitemaps.


Proses instalasi plugin Google XML Sitemaps telah selesai. Kini Anda perlu untuk melakukan beberapa langkah lagi untuk membuat sitemap untuk blog wordpress Anda karena dengan hanya menginstall plugins ini, sitemap Anda belum terbuat. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Masih pada dashboard Anda, klik menu Setting » XML Sitemap.
  2. Pada halaman setting XML Sitemap, klik tulisan Click here pada bagian atas halaman. Kemudian sitemap akan dibuat seara otomatis


Tutorial cara membuat sitemap untuk search engine blog Wordpress Anda sudah selesai. Untuk selanjutnya, setiap Anda memposting artikel baru, sitemap akan diupdate secara otomatis. Setelah sitemap siap, selanjutnya Anda mesti mensubmit (mendaftarkan) sitemap ini ke search engine. Sitemap ini juga bisa digunakan pada search engine selain google seperti Yahoo atau Bing. Cara mendaftrakan sitemap ke Google Webmaster Tools, Yahoo dan Bing akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 

Semoga bermanfaat
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

111 comments:

  1. terima kasih infonya pak... sangat membantu...
    kunjungan balik ya pak...
    www.adiyasapulsa.com

    ReplyDelete
  2. kok gambar nomor 3 gambarnya WP related post? beneran g nih... meragukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. .
      http://www.supranaturaljokowi.com
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/ciri-ciri-batu-black-jade.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/amalan-dahsyat-agar-cepat-dapat-jodoh.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/jenis-batu-akik-asli-dari-garut.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/sejarah-batu-merah-delima.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/search/label/Perawatan%20Batu%20Akik
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/04/manfaat-dan-khasiat-batu-ambar.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/ngantuk.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/harga-dan-khasiat-batu-merah-delima.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/tafsir-mimpi-primbon-jawa.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/mantra-menahan-rasa-ngantuk.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/batu-akik.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/batu-permata-menurut-zodiak-horoscope.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/kaya-raya-dengan-membaca-basmallah.html
      http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/mantra-aji-semar-mesem-pengasihan.html


      >>>>

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. om mau tanya dong boleh yah? :)
    kalau dia yang tidak berbayar gimana om?? bisa pakai sitemap.xml tidak?
    yang ini maksudnya saya om http://hargasuzuki.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. mas mau nanya, pas di klik instal yang no3 ko gak muncul tampilan ke4?? harusnya gimana?? mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Untuk blogspot gimana caranya mas..

    ReplyDelete
  7. gan, sitemap bisa dimunculkan di page gak gan?

    Web design and development
    www.compyutech.com

    ReplyDelete
  8. gracias,
    dari kemarin nyari2 caranya nih :)

    rina,
    lubisstone.com

    ReplyDelete
  9. Web saya http://layananptk.net saya daftarkan dulu ke google webmaster, kemudian baru saya create sitemap, apakah hal ini tidak masalah ? terimakasih

    ReplyDelete
  10. untuk plugin ini sebenarnya berapa lama sih baru menlist artikel kita?? kok artikel ane udah 3 hari belum muncul juga di sitemap.xml

    ReplyDelete
  11. Baru neh berhasil bikin sitemap setelah baca artikel ini, sebelumnya gak tuntas... terima kasih mas Kolis.
    www.lantabura.com

    ReplyDelete
  12. Ini mau saya coba mas! Saya baru buat wp baru soalnya.. Hihihi :D

    ReplyDelete
  13. Terima kasih pak keren artikelnya sangat membantu sekali bagi saya yang baru pertama kali :)www.tanahborneo.com

    ReplyDelete
  14. mas aku udah ngikutin caranya tapi pas saya cek di seoanalyser.net, masih aja not found Sitemap xml dan robots.txt.
    mohon infonya mas prahman.com

    ReplyDelete
  15. Sudah di coba berhasil site map nya? klo web tidak ada sitemap nya pengaruh tidak dengan pagerank? Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. makasih infonya BOsss

    info VIMAX PILLS obat pembessar & panjang penis permanen

    Call / sms; 0821 3495 8895
    pin BBM ; 2AC 44 BCA
    KLIK; http://obatkuatpria.hol.es/2014/01/vimax-pills-asli-obat-pembesar-dan-panjang-penis-herbal/

    ReplyDelete
  17. terima kasih info nya.. bermanfaat sekali gan

    www.nakalama-adventure.com

    ReplyDelete
  18. tkanks infonya gan,,,mantapss,,,,
    www.jhonleather.com

    ReplyDelete
  19. oke mas kolis tanks banget atas infonya. sangat bermanfaat bagi para newbie sprt saya.. trims

    ReplyDelete
  20. sitemap berhasil dibuat men, nice info

    regards,
    vacintegrated.com

    ReplyDelete
  21. apakah mungkin gan, kalau membuat sitemap dengan modul sendiri di wordpress.. maksudnya buat pluggin sendiri ? bagaimana cara membuat pluggin sitemap ya ...

    salam http://www.terpusat.com atau kunjungi Terpusat Media

    ReplyDelete
  22. thanks ya informasinya http://nanosprayonline.net

    ReplyDelete
  23. thanks for share gan.. izin blogwalking ya

    ReplyDelete
  24. makasih infonya mas... http://toko-qta.com

    ReplyDelete
  25. thank mas infonya, www.perkasashop.com

    ReplyDelete


  26. thanx ya gan atas info nya semoga sukses selalu blog nya gan :)
    dan sukses selalu gan info nya :)

    PROMOSI
    HOT PROMO DARI RAJAPOKER88 di

    http://www.rajapoker88.com/?ref=577053


    Untuk member setia rajapoker88 dapatkan bonus referal dari kami sebesar 10% dari kemenangan teman Referal anda dan dapatkan juga 10 POINT setiap turn over 1 juta rupiah point ini akan di undi setiap 1 minggu sekali

    peringatan: untuk bonus selalu di bagikan setiap hari senin
    dan untuk batas mengklaim bonus setiap hari minggu selama 7 hari
    jika batas mengklaim bonus lewat dari seminggu maka bonus dinyatakan hangus!!

    keterangan lebih lanjut untuk mengklaim bonus silakan hubungi :
    YM: afb88_cs1@yahoo.com
    YM: idr.afb88@yahoo.com
    pin bb : 2257e32b

    segera bergabung dengan kami dan kumpulkan pointnya.
    Terima Kasih.

    Permainan yang kami sediakan yaitu :
    * Poker
    * Tangkas
    * Domino99

    Untuk anda kami suport dengan 5 bank Lokal : BANK BCA, BANK BNI, BANK BRI, BANK MANDIRI, DAN BANK DANAMON.

    Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan Hubungi kami di :
    * WWW.RAJAPOKER88.COM (pingbox)
    * TWITTER : @RAJAPOKER88
    * YM : RAJAPOKER88.indo
    * PIN BB : 75CB33AF
    * PHONE NUM : (+84) 169 859 6613
    * SKYPE : RajaPoker88

    Terima Kasih,
    Salam Rajapoker88.com

    ReplyDelete
  27. tq gan atas infonya & sukses selalu gan :)


    PROMOSI

    hello semua para coment gan gan :)
    ayo bergabung bersama kami di website www.senang77.com
    cara mendapatkan uang dengan mudah gabunglah bersama kami..
    kami juga menyediakan bonus turn over 0.3% dan akan di bagikan dalam

    1 minggu dan balance akan masuk kedalam secara otomatisnya


    WWW.senang77.COM
    PENDAFTARAN
    http://senang77.com/Register000.aspx

    Kami juga menyediakan kode referral :)

    http://www.senangpoker.com/?ref=859522

    kami bisa dihunbungi melalui :

    YM : cs.senangpoker@yahoo.com
    FACEBOOK : cs.senangpoker@yahoo.com
    BBM : 764a99d1
    Twitter : senangpoker
    SKYPE : senang.poker


    Untuk anda kami suport dengan 5 bank Lokal : BANK BCA, BANK BNI, BANK

    BRI, BANK MANDIRI, DAN BANK DANAMON.


    TERIMA KASIH
    salam manis :) senang77.com / senang77.net / senang77.info :)

    ReplyDelete
  28. Replies
    1. >>>>>>>>>


      http://toko-obat-murah.com
      http://toko-obat-murah.com/vimax-asli-canada-di-jakarta.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-kuat-lelaki.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-pelangsing-badan-green-slimming-capsule.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-perangsang-seksual-wanita-potenzol-cair.html
      http://toko-obat-murah.com/vacum-pembesar-payudara-permanen.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-kejantanan-pria.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-perapat-wanita.html
      http://toko-obat-murah.com/pemutih-badan-emilay-whitening-original.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-herbal-untuk-kemandulan-pria.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-perangsang-opium-spray-ampuh.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-pembesar-payudara-cepat.html
      http://toko-obat-murah.com/pelangsing-badan-fruit-plant-herbal.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-vimax-asli.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-kuat-oles-stud-007.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-pembesar-bokong-dan-paha.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-penumbuh-rambut-hair-tonicum.html
      http://toko-obat-murah.com/obat-peninggi-badan-grow-up-usa-asli.html
      http://toko-obat-murah.com/boneka-full-body-cantik-jepang.html

      .
      SEDIA PRODUK :
      - Obat penghapus tato
      - Obat perontok bulu permanen
      - Obat peninggi badan
      - Obat kuat pria perkasa
      - Obat kesuburan dan obat mandul
      - Obat pembesar penis dan payudara
      - Dan lain-lain



      >>>>>>>

      Delete
  29. silahkan juga kunjungi .. http://ihardcores.com

    ReplyDelete
  30. terima kasih mas, tutorialnya berhasil saya terapin.. Semoga bermanfaat dan banyak berkah nya mas. Saya juga punya blog yang iseng2 buat dikunjungi di www.arieframadhan.com

    ReplyDelete
  31. Numpang nyepam dikit ya mas Kolis :D <a href="http://arief-ramadhan.blogspot.com/2014/09/cupuwatu-resto-tempat-kuliner-khas-yogyakarta.html'>Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja</a>. Boleh dibaca loh, makasih mas.. :D

    ReplyDelete
  32. Bagaimana jikalau setting sitemap di wordpress tanpa plugin mas kolis... Terima kasih Ya atas jawabanya. Selamat dan semoga sukses

    ReplyDelete
  33. mantap mas artikelnya berguna banget buat saya.

    http://webseojabar.com
    ijin share artikelnya buat web sya

    ReplyDelete
  34. oke mas kolis tanks banget atas infonya. sangat bermanfaat bagi para newbie sprt saya..
    terimakasih...

    ReplyDelete
  35. thanks gan, artikelnya sangat membantu gan

    ReplyDelete
  36. thanx bro infonya,sangat membantu sekali .. kunbal ya http://goasriti.net

    ReplyDelete
  37. ada yang pernah nyoba dan berhasil?
    saya mau coba untuk link saya.
    http://wizziclothing.com

    ReplyDelete
  38. Artikel yang sangat edukatif Gan sangat membantu ane sekali Thanks ya,,,,,,,http://agenvimaxasli.org/

    ReplyDelete
  39. boleh dicoba nih .,terima kasih infonya gan

    http://www.central-kecantikan.com

    ReplyDelete
  40. mantap gan informasinya, sukses selalu ya. kalau ingin cari mobil terbaru bisa kunjungi http://suzuki-mobilku.com

    ReplyDelete
  41. dikira sitemap adalah peta hahahah

    ReplyDelete
  42. Developer Indonesia Kini Bisa Jual Aplikasi di Play Store dari Google

    Download Play Store

    ReplyDelete
  43. Thanks Yes article Helpful Once, When Mau Tau How to Become More Beautiful And Sexy Visit Our Web yes,,.
    http://pasanganpasutri.com/

    ReplyDelete
  44. mau tanya mas,. saya masih kesultan ni buat site mapnya. setelah saya instal ternyata langkah selanjutnya saya masih kebingungan. mohon bimbingannya

    baju online trendy

    ReplyDelete
  45. Pake plugin Wordpress SEO by Yoast, plugin tersebut bisa membuat sitemap.xml secara otomatis begitu bisa meningkatkan SEO blog. situsnya http://www.belajar-wordpress.com/pengertian-sitemap-dan-cara-membuat-sitemap-di-wordpress/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di situ ada tutorial cara setting sitemap_index.xml dari yoast yang nggk pending di web master google?

      Delete
  46. bagus nih tulisannya, dengan gambar dan penjabaran. Jaket Semi Kulit

    ReplyDelete
  47. Bermanfaat sekali bos buat website saya, terimakasih
    mampir aja bila ada kebutuhan furniture rumah ataupun kantore anda hehehe
    www.mymeubel.com

    ReplyDelete
  48. trims mas infonya.

    kunjungi web kami juga ya, untuk seputar info mobil baru dan harga toyota terbaru
    di www.info-toyota.web.id dan www.dealertoyotabandung.web.id

    ReplyDelete
  49. maskolis emang yahud, banyak banget mas saya dapat ilmu dari blog maskolis ini, terus update ya mas.. :)
    goo.gl/PzepdB
    http://bicaraperpustakaan.com/lowongan-pegawai-blud-non-pns-rsud-dr-moewardi-tahun-2015/

    ReplyDelete
  50. makasih gan..
    http://nuevohack.com/

    ReplyDelete
  51. Terima kasih gan atas informasi cara membuat sitemapnya, artikel agan sangat bermanfaat,

    ReplyDelete
  52. Nice article

    http://otocars.xyz/

    ReplyDelete
  53. trima kasih ni artikelnya,
    sangat membantu.
    kunjung ya gant./sist
    www.pusat-obat.com

    ReplyDelete
  54. trimakasih infonya sangat membantu.
    http://coba-coba777.blogspot.com/

    ReplyDelete
  55. mas kalau membuat sitemapnya melalui seluler kira kira bisa apa nggak,,?

    ReplyDelete
  56. mantap
    http://exportirlobster.com

    ReplyDelete
  57. mantap bgt artikelnya, ty gan
    ditunggu kunbal nya
    www.z-moviess.com

    ReplyDelete
  58. Termakasih segera di terapkan pada blog saya mas, salam kenal dari kami Khetex

    ReplyDelete
  59. Great ! Very nice blog and excellent things exist in your blog content. thanks for sharing..
    website design melbourne
    custom website design services

    ReplyDelete
  60. Apakah ini cocok untuk Google webmasters?

    ReplyDelete
  61. Terima kasih gan,,, senang bisa berkunjung ke website ini.
    Kunjungi website kami www.dragonflyspabali.com

    ReplyDelete
  62. terima kasih atas informasinya, salam kenal.

    Agen Bola Online

    ReplyDelete
  63. terima kaih gan
    kunjungi
    www.yusufblogshre.tk

    ReplyDelete
  64. mantap mas.. tapi wajib pake plugin yah.. yang widget ada gak yah? hehe
    mohon kunjungannya
    biliqgamer.wordpress.com
    terima kasih maskolis :)

    ReplyDelete
  65. mantap mas
    https://fazuraepoxy.com

    ReplyDelete
  66. Mantap Pembahasanya sangat membatu, Terimakasih untuk maskolis. Dan untuk para pengguna android yang andoridnya sedang bermasalah seperti hanglogo, bootloop, hardbrick, ataupun masalah pada software lainya, silahkan kalian langsung cari solusinya di..

    http://flasher-android.com

    ReplyDelete
  67. Sehat itu murah, sehat itu milik kita semua. Bagi sebagian orang sehat itu mahal, memerlukan banyak biaya dan perawatan, tetapi bila anda rajin dan sering menggunakan alat Terapi Ion elektrik rendam kaki, sehat itu murah dan mudah. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga kesehatan semenjak dini dengan secara rutin membuang racun dan toksin dari tubuh anda dengan menggunakan alat terapi ion elektrik rendam kaki.
    Terapi Ion
    Terapi Ion Rendam Kaki Air Garam
    Peluang Usaha Rumahan
    Terapi Ion Elektrik Rendam Kaki Detox
    Manfaat Terapi Ion Elektrik
    Terapi Ion Elektrik
    Terapi Kesehatan Murah
    Peluang Usaha Modal Kecil
    Harga Paket Alat Terapi Ion Elektrik
    Pengedar Alat Terapi Ion Di Malaysia

    ReplyDelete
  68. kalau pke seo by yoast terus sitemap nya memakai
    Google XML Sitemaps bakalan eror ga gan?

    ReplyDelete
  69. thanks membantu bgt om
    jgn lupa kunbal http://dailyhomedesign.info

    ReplyDelete
  70. ok trimakasih mas kolis, aertikelnya cukup membantu.

    Bagi yg lagi nyari baju anak kunjjungi www.jualanpayu.com

    ReplyDelete
  71. maksih mas tutor sitemapnya jazakallah khairan salam dari Mukena Bali www.mukenabaliku.info

    ReplyDelete
  72. gan , maksutnya dashboard di atas itu wordpress atau blogger .
    truss kalo misalkan di wordprress kok nggak ada tampilan seperti itu . tolong kash Url dasboard pluginya ya ? saya mau coba nih!
    thanks

    ReplyDelete
  73. makasih gann,,, ane sering banget buka blog maskolis ini karena thema blogger yg gratis hehe
    http://bangunan88.com/

    ReplyDelete
  74. Global Web Developemtn

    Menyediakan hosting dan domain juga jasa pembuatan website dengan harga terjangkau...

    https://www.gwebdevlop.net/

    ReplyDelete
  75. makasih mas tutor sitemapnya jazakallah khairan salam dari http://pusathwi.com/

    ReplyDelete
  76. nuhun gan.

    visit my blog :

    break.pe.hu/

    ReplyDelete
  77. makasih infonya gan, ditunggu kunjungannya
    www.myjilboobs.com

    ReplyDelete

No comment moderation in this page
Do not put the link in this comment, I'll make it disappear forever
I hate when people play cheat to increase their blog, meanwhile everyone else do it politely and honestly

 
CREATING WEBSITE © 2012 the other blog Mas Template | Look at this Johny Template | Powered by Blogger